Headline Ads Banner

LAM-PTKes

sekretariat@lamptkes.org
+62 21 2765 3495/96, +62 811-9173-306
+62 21 769 0913
Jalan Sekolah Duta 1 No.62 Rt.003 Rw.014
  Kel. Pondok Pinang, Kec. Kebayoran Lama
  Jakarta Selatan, 12310
Jam Kerja Kantor Senin s.d Jumat
  Pukul 09:00 - 17:00 WIB
  Jam Istirahat Kantor
  Pukul 12.00 - 13.00 WIB

Lembaga Akreditasi Mandiri
Pendidikan Tinggi Kesehatan Indonesia

Berita Seminar Persiapan Operasionalisasi LAM-PTKes Tahun 2015 Standar

Berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 49 Tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi, No. 50 Tahun 2014 tentang Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan Tinggi, dan No. 87 Tahun 2014 tentang Akreditasi Program Studi dan Perguruan Tinggi, maka seluruh perangkat peraturan yang melandasi operasional LAM-PTKes sudah tersedia. Oleh karena itu, diperlukan pemikiran dan pembahasan bersama antara semua pemangku kepentingan tentang persiapan operasionalisasi LAM-PTKes Masyarakat tahun 2015 dalam bentuk seminar.

Menindaklanjuti hal diatas, LAM-PTKes menyelenggarakan seminar  pada tanggal 6 Oktober 2014 dengan tema “Persiapan Operasionalisasi LAM-PTKes Tahun 2015”. Seminar ini diadakan di Gedung Dikti Kemendikbud Lantai 3. Tujuan penyelenggaraan seminar ini yaitu diperolehnya kepastian jenis LAM-PTKes yang akan operasional di tahun 2015 yang mampu mendapatkan kredibilitas dan pengakuan masyarakat.

Penyelenggaraan seminar ini mengundang beberapa narasumber ternama, diantaranya Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi; Ketua BAN-PT; Ketua Dewan LAM-PTKes; Prof. Rhenald Kasali, Ph.D; Dra. Henny S Widyaningsih, M.Si; dr. Daryo Sumitro, Sp. BS; dan Prof. Dr. Martani Huseini. Berikut ini adalah tema materi presentasi masing-masing pembicara, yaitu “Perlunya Akreditasi Program Studi Kesehatan oleh LAM-PTKes Masyarakat” oleh Ketua Dewan LAM-PTKes, “Keynote Speech: Dukungan untuk LAM-PTKes Masyarakat tahun 2015” oleh Direktur Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan, “Peran LAM-PTKes Pasca Pengakuan dalam Sistem Akreditasi Nasional tahun 2015” oleh BAN-PT, “LAM-PTKes sebagai Agent of Change” oleh Prof. Rhenald Kasali, Ph.D, “Pemasaran Sosial (Social Marketing) untuk Perubahan Paradigma Mutu Pendidikan Tinggi” oleh Dra. Henny S Widyaningsih, “IT sebagai Pendukung Perubahan Paradigma Mutu Pendidikan Tinggi Kesehatan” oleh dr. Daryo Sumitro, Sp. BS, “Pengembangan Usaha Organisasi LAM-PTKes sebagai Lembaga Nirlaba (non-profit)” oleh Prof. Dr. Martani Huseini.

Seminar ini dihadiri oleh Direktur Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Jajaran Kemendikbud, World Bank, HPEQ Project, BAN-PT, dan Struktur Organisasi LAM-PTKes.

Kesimpulan yang didapatkan dari Seminar tersebut adalah:
  1. Masyarakat sipil bidang kesehatan (7 Organisasi Profesi dan 7 Asosiasi Institusi Pendidikan) secara bulat menyepakati pendirian LAM-PTKes.
  2. Pihak BAN-PT sedang dalam proses untuk memberikan rekomendasi atas Studi Kelayakan LAM-PTKes, dengan pesan Proceed With Care, seperti yang telah disampaikan Sekretaris BAN-PT dalam presentasinya. Rekomendasi yang diberikan oleh BAN-PT menjadi dasar pemberian izin operasional oleh Mendikbud.
  3. Pihak pemerintah telah merencanakan mengalokasikan biaya untuk akreditasi untuk 500 program studi sebesar Rp. 15 milyard dan mengatakan bahwa Pemerintah setuju tidak ada LAM tandingan terhadap LAM-PTKes.
  4. Prof. Rhenald Kasali, Ph.D mengatakan bahwa akreditasi merupakan alat kontrol (kontrol birokrasi oleh pemerintah, market control oleh media internasional, dan clan control oleh rekan sejawat untuk memajukan industri).
  5. Menurut Dra. Henny S Widyaningsih, adalah  penting untuk melihat selling point dari LAM-PTKes, lihat perbedaan dengan lembaga akreditasi yang sudah ada (BAN-PT).  Oleh karena itu, perlu dibuat budaya organisasi LAM-PTKes. Budaya organisasi terbentuk dengan adanya persepsi yang sama antar anggota LAM-PTKes.
  6. Menurut dr. Daryo Sumitro, Sp. BS, perlu ada tim IT yang bertanggungjawab untuk infrastruktur, pengembangan aplikasi, dan pengembangan sekuriti.
  7. Prof. Dr. Martani Huseini mengatakan bahwa langkah-langkah strategis LAM-PTKes adalah dengan mengembangkan database LAM-PTKes, customer bonding komunitas LAM-PTKes, dan mengembangkan branding strategy LAM-PTKes.
Sebagai kesimpulan pada seminar ini , diharapkan adanya kejelasan terhadap kepastian jenis LAM-PTKes yang akan operasional di tahun 2015 yang mampu mendapatkan kredibilitas dan pengakuan masyarakat. Saran narasumber dan peserta melalui sesi diskusi pada kegiatan seminar ini diharapkan dapat menjadi masukan untuk mengembangkan organisasi LAM-PTKes. Sebagai tindak lanjut, diharapkan adanya seminar serupa dengan target peserta adalah program studi, kopertis, dan stakeholders pendidikan tinggi bidang ilmu kesehatan agar dapat menumbuhkan kesadaran dan turut berperan dalam mewujudkan budaya peningkatan mutu berkelanjutan (culture of continuous quality improvement).